Kampung Kuala Gasib Sabet Juara 1 Lomba Pos Satkamling Dalam Peringatan Hari Bhayangkara Ke-77, Begini Pesan Kapolsek Koto Gasib 

Sabtu, 01 Juli 2023 - 17:10:10 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) Kampung Kuala Gasib, Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak, Riau, berhasil meraih terbaik pertama dalam perlombaan Pos Satkamling se-Kecamatan Koto Gasib.

Perlombaan Satkamling ini sendiri digelar dalam rangka menyambut hari Bhayangkara ke-77, yang digelar sejak tanggal 7 Juni 2023 sampai tanggal 12 Juni, dan penilaian pada tanggal 20 sampai dengan 22 Juni kemarin. Kemudian pengumuman juara pada tanggal 23 Juni 2023.

Perlombaan Satkamling yang diikuti 11 Kampung di wilayah Hukum Polsek Koto Gasib itu, Juara 1 diraih oleh Kampung Kuala Gasib, Juara 2 Kampung Sri Gemilang dan Juara 3 diraih oleh Kampung Empang Pandan.

Sementara itu untuk juara Harapan yakni Harapan 1 diraih Kampung Tasik seminai, Harapan 2 Kampung Rantau Panjang dan Harapan 3 diraih oleh Kampung Teluk Rimba.

Penyerahan hadiah berupa sertifikat dan trophy juga uang pembinaan senilai 1 juta rupiah untuk juara 1, tampak dilakukan usai upacara Apel Hari Bhayangkara ke 77 yang digelar di halaman Kantor Bupati Siak, Sabtu (01/07/2023).

Kapolres Siak AKBP Ronald Sumaja SIK melalui Kapolsek Koto Gasib Iptu Budiman S Dalimunthe SH MH mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba Satkamling tingkat Polres Siak.

Iptu Budiman S Dalimunthe SH MH juga mengatakan Satkamling sangat bermanfaat untuk masyarakat, terutama untuk kenyamanan warga dalam menjalankan aktivitas.

“Sudah bisa dipastikan angka pencurian akan menurun di Kampung-kampung, terutama jika dilakukan ronda pada malam malam hari secara rutin. Sipencuri akan berfikir panjang untuk memasuki suatu daerah dimana warganya penuh siaga melaksanakan Satkamling setiap malam,”ujarnya.

Menurut Kapolsek, kehadiran Satkamling menjadi garda terdepan early warning terhadap potensi kejahatan di masyarakat serta menjadi cooling system menjaga keamanan.

"Apalagi mendekati pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024 ini. Saya berpesan agar kehadiran satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system dilingkungannya masing-masing, jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan pada Pemilu 2024 mendatang,” imbuhnya.

Sementara itu, PJ Penghulu Kampung Kuala Gasib Aswin mengatakan, berkat semangat dan kerja sama yang baik, menjadikan Kampungnya dapat meraih penghargaan dalam perlombaan Satkamling tingkat Polres Siak.

Aswin juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh komponen masyarakat yang ikut terlibat dalam membudayakan peran penting Satkamling.

“Khususnya dari unsur Forkopimcam mulai Bhabinkamtibmas, Babinsa yang selalu memberi arahan dan mendukung semua program pemerintahan kampung kami,

dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Siak dan Kapolsek Koto Gasib atas Penghargaan ini,” tutupnya.(rls).

Laporan : Idris Harahap 


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex